#Informasi

Selebrasi P5 dan PPRA Peserta Didik MTs Negeri 1 Mesuji

Mesuji, MTs N 1 (Humas) – MTs Negeri 1 Mesuji melaksanakan puncak kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Proyek Pelajar Rahmatan lil Alamiin (PPRA) dengan mengadakan selebrasi dan pameran karya peserta didik kelas VII dan VIII, Kamis (5 Oktober 2023). Acara tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru dan peserta didik MTs Negeri 1 Mesuji dari kelas VII, VIII, dan IX dan dilaksanakan di MTsN 1 Mesuji.

Sebagai wujud Implementasi Kurikulum Merdeka, P5 dan PPRA merupakan suatu kegiatan kokurikuler berbasis proyek. P5 dan PPRA dirancang untuk pencapaian karakter kompetensi peserta didik. P5 dan PPRA tergolong fleksibel karena dapat menyesuaikan waktu, kegiatan, dan muatannya. Oleh karena itu kegiatan ini akan lebih memudahkan peserta didik maupun guru dalam penerapanya.

Sebelumnya, acara dibuka dengan pengarahan dan motivasi dari Waka Kurikulum, Suroso, S. Pd. Dalam arahannya, Suroso menegaskan bahwa kegiatan P5 dan PPRA ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap-sikap yang mencerminkan penerapan nilai Pancasila seperti: gotong-royong, mandiri, dan kreatif dan nilai Rahmatan lil Alamiin seperti: tasamuh, qudwah, dan tathawwur wa ibtikar dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu akan bermanfaat dalam pembentukan karakter positif dari para peserta didik itu sendiri.

Seperti diketahui, bahwa sebelum kegiatan Selebrasi ini dilaksanakan, MTs Negeri 1 Mesuji telah merancang dan melaksanakan P5 dan PPRA ini dari awal bulan Agustus dengan dua tema proyek utama, yaitu “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan “Bhineka Tunggal Ika”. Kedua tema ini dipilih tentunya disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan madrasah dalam pelaksanaannya.

Kegiatan proyek tema 1 “Gaya Hidup Berkelanjutan” dilaksanakan oleh kelas VII dengan kegiatan pengolahan sampah anorganik (limbah botol, gelas plastik serta kertas bekas botol) menjadi aneka kerajinan prakarya. Untuk kegiatan proyek tema 2 “Bhineka Tunggal Ika”, dilaksanakan oleh kelas VIII dengan menampilkan tari dari berbagai daerah. (Humas)

Selebrasi P5 dan PPRA Peserta Didik MTs Negeri 1 Mesuji

MTsN 1 Mesuji Mengikuti Upacara Hari Santri