Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter, Kepala Madrasah Tekankan Kebiasaan Baik di Madrasah

Mesuji, MTs N 1 (Humas) – Ali Yusup selaku Kepala MTsN 1 Mesuji melaksanakan sosialisasi penguatan pendidikan karakter, pemeliharaan lingkungan dan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya berdasarkan surat edaran bersama 3 menteri nomor 1 tahun 2025, Selasa (4 Februari 2025).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Madrasah dihadiri oleh Kepala Madrasah beserta jajaran wakil kepala, Kepala Urusan Tata Usaha, dan seluruh Bapak/Ibu dewan guru serta staf TU. Dalam arahannya Ali menekankan pentingnya program penguatan pendidikan karakter di Madrasah. “program ini akan menjadi cerminan kinerja madrasah kedepan”, Ujar Ali.

Ali juga menyampaikan hasil dari pendidikan karakter yakni terbentuknya 8 karakter utama dimulai dari 7 kebiasaan baik, “semua guru wajib memberikan motivasi dan mengawasi kebiasaan siswa/i kita karena karakter itu dibentuk dari kebiasaan, dan secara administratif harus ada bukti pendukung”, terang Ali.

Selain itu Ali juga menekankan tentang pentingnya menjaga lingkungan madrasah, “menjaga lingkungan harus diawali dari Bapak/Ibu Guru, seperti menghemat energi dengan mematikan lampu, melepas kabel printer dan kipas angin saat tidak digunakan”, lanjutnya.

Ali juga berpesan agar program penguatan pendidikan karakter, pemeliharaan lingkungan dan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Adapun 8 karakter utama dalam Surat edaran bersama nomor 1 tahun 2025 adalah 1) Religius, 2) bermoral, 3) Sehat, 4) Cerdas dan kreatif, 5) Kerja keras, 6) Mandiri, 7) Bermanfaat, 8) Disiplin dan tertib. Dimana, catur pusat pendidikan yaitu, satuan pendidikan, keluarga, masyarakat menggerakkan kembali Penguatan Pendidikan Karakter melalui “Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat”.

Selain itu, menindaklanjuti arahan Menteri Agama tentang pentingnya menjaga kebersihan, kerapihan dan menciptakan suasana satuan pendidikan yang estetis dalam rangka memberikan motivasi yang kuat untuk belajar dan meraih prestasi belajar bagi peserta didik satuan pendidikan diharapkan berpartisipasi dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Satuan pendidikan meliputi: 1) Membuang sampah pada tempatnya 2) Memisahkan sampah organik dan non organik 3) Menanam pohon 4) Menghemat Air 5) Menghemat energi 6) Menggunakan produk ramah lingkungan 7) Menjaga flora dan fauna 8) Menjaga kelestarian hutan. (Humas)